WISMA EYANG

listen: Dewa19 – Kita Tidak Sedang Bercinta Lagi

Nganuh, itu poto jaman kecil. Waktu kecil, sampai umur Rapa hampir 3 tahun, dan belum ada yang cerita sampai skarang kenapa bisa begitu, Rapa hidup diasuh eyang dan adik-adiknya ayah di Yogya. Hihihi yang keinget cuma dikit. Eyang dulu punya wisma dengan sekian kamar didalamnya, itu yang di dalem foto, persis dibelakang Rapa itu lobi, yang di temboknya tergantung sekian banyak kunci kamar.

Wisma eyang enak baunya, bau buku-buku lama dan lemari kayu, bau masakan dari pendopo makan di bangunan bagian belakang, bau kamar-kamarnya. Aku masih ingat motif sprei-spreinya karena kebetulan semua masih tersimpan menyebar di tempat adik-adiknya ayah yang laki-laki yang perempuan bahkan di ayah sendiri haha.

Rapa juga masih inget bentuk lampu-lampu belajar yang ada di tiap kamar, kolam ikan, kamar mandi yang di depannya ada teh-tehan dipangkas bentuk mobil VW kodok hihi, bangunanya, gigi palsunya oomku, kepompong kupu-kupu dan selai srikaya pertamaku, kesemek sama sawo, nyasar sampe ke gedung wisma bagian belakang dan nangis karena ndak dapet jalan balik ke bangunan bagian depan ahahah *nyasar neng?* Pas aku tanya ke oom dan tanteku yang di Yogya, ternyata wismanya itu ada di Jalan Kaliurang km5, lhaaa deket amat, brarti bener-bener berbeda ya Yogya skarang ini, wakakak mamfus deh jaman kapan gue dulu itu yakz? Sayang entah sejak kapan wisma itu udah bukan milik eyang lagi. Sayang banget siy sebenernya, dih kangen deh gue.

Itu anjing Peking sapa yakz, buset imut banget, mana gue sok brani gitu. Aduh bener deh ya kalo yang namanya binatang itu instingnya lebih kuat, tau yang mana punya niat jahat dan mana yang ndak, maksud gue…jaman gue segitu mana ada rasa takut sama binatang imut-imut kayak gitu, lagian niat gue palingan cuman pengen ngelus-ngelus palanya aja. Itu juga pasti anjingnya tamu deh kayaknya, tamu wisma.

Di wisma eyang aku sering bertemu berbagai macam orang, kebanyakan mahasiswa, dan waktu itu 3 orang adik ayah juga masih kuliah. Sebenernya emang dasar suka baca, bener-bener detail deh ingatan gue tentang dari mana asal Smurf Saku dan TinTin yang aku kenal dan suka sampai saat ini, umur segitu aku udah kenal sama mereka haha, dan nafsu bacaku dulu gila-gilaan, kalau diantar oom ke penyewaan buku pasti minjemnya banyak pisanz. Igh kalo yang bgono-bgono aja inget deh gue. Trus kmana-mana naik vespa, di taruh di depan, berdiri pegangan stang haha, sambil mikir keras liat garis-garis jalan raya yang kalo dari jauh kecil dan pendek pas udah deket panjang bener, mowahahahaha, doooh!!!

Ihikz, gue inget pernah kabur pengen manjat pager yang waktu itu kayaknya tuinggiiihhh benged, kabur mo maen sama anak-anak kampung, abisan aku paling ndak suka disuruh tidur siang, pokoknya no sleep at noon deh. Hihihi, dulu eyang selalu nanya “Kamu hari ini mau makan apa nduk? Kalau nanti malam mau sate ayam, eyang ndak goreng ayam, kalau sekarang mau makan ayam, berarti nanti malam tidak boleh beli sate ya?” hihihi, kalo dipikir-pikir…kayaknya itu tandanya gue jadi orang ndak boleh serakah. Yang gue heran…kok angot banget gue, ndak bisa-bisa ngomong pakek bahasa ibu. Prasaan, dulu eyang sama oom-oom ndak pernah ngajak aku ngomong Jawa deh, tapi ndak tau juga sih. Cuma kayaknya emang dasar otak gue bebel juga, ini aja udah dari ’99 di Yogya, mana hasilnya pemahaman gue ke bahasa Jawa coba? Ngerti cuma dikit, ngomong malah ndak bisa, igh, gile lo ye!? Mak babe Jawa, anaknya Endonesa tulen kayaknya, gumun deh gue. Eh gumun itu artinya heran kalo dalam bahasa Indonesia haha.

Kangen…

Banyak amat yang gue kangenin ni hari.

*sugesti*

darah kecilmu mengalir perlahan mengisi keringatmu

keringat kecilmu mengalir perlahan mengisi hari-harimu

hari-hari kecilmu mengalir perlahan mengisi kenanganmu

dan kenangan kecilmu mengalir perlahan menjadi dirimu
Leave a Reply

