MATI MUDA

listen: cucakrawa, wnet gue brubah jadi kebon palawija

Wnet brisik bet! Ramenya minta ampun. Diserbu anak-anak dari sebuah kampus di Yogya. Gue heran sama anak-anak muda ini. Etiket bersosialisasi di tempat berfasilitas umum itu ndak ada sama skali. Terserah mo pada nungging kek, mo ngerayap di lantai kek, but please SHUT YER MOUTH UP! Ngetik kibot kan pakek tangan bukan pakek mulut.

Kadang tibang manggil temen yang ada di cabin sebelah aja pakek teriak-teriak, apalagi yang cabinnya jauh, apa sih susahnya berdiri trus samperin aja temennya? Dikata rumah sendiri apa? Ini tempat umum bung, pasar pun bisa lebih tertib dari ini. Nih baca tulisan gue deh, gue ndak perduli, karena kenyataannya emang bgitu keadaannya saat ini. Gue aja sampe matiin winamp. Udah pada gede gitu loh, tae lah.

Yang gue sayangkan juga…mereka bahkan ada yang ndak tau cara kopi-paste, ada yang ndak pernah ngeliat yang namanya Word sama skali. Gue ndak keberatan dipanggil sana-sini dimintain tolong, tapi mereka bener-bener ada yang males banget dan kliatan ndak punya niat untuk belajar. Gue ndak bilang mreka gaptek, dan demi Allah ndak ada maksud untuk ngejek. Makin ksono gue malah jadi kesel sama pihak kampusnya, kok kayaknya rada kurang rapi sih ngatur aksesnya?

Mreka ndak ngasih tau kita pula kalo bakalan ada kayak bginian. Jadi ternyata anak-anak ini dapet list nama-nama wnet yang bisa dipakai untuk ngakses situs KRS (or whatever namanya) dari kampus mereka. Kalo niatnya ingin membudidayakan internet di kalangan mahasiswa, ya agak-agak rapi gitu loh perencaannya. Kalo gini kan malah jauh dari praktis, bahkan dampaknya malah mengganggu orang laen, iya…mengganggu, kenapa? Anda keberatan? Dalam kasus ini gue pikir GUE yang HARUSNYA keberatan.

Sebuah “awal” itu harus dipersiapkan dengan rapi, ndak perlu terlalu sempurna asal rapi dan tertib kan malah bisa jalan. Perubahan menuju sesuatu yang bernama “kemajuan (dalam hal ini: internet)” ndak bisa dipaksakan terwujud hanya dalam jangka waktu 1-3 jam berinternet! Mana situsnya sempet overload, ya gimana dong, 6 sampai 8 wnet dipenuhi mahasiswa dengan niat yang sama, meng-akses satu situs secara berbarengan, apa gue masih boleh merasa heran?

Tiba-tiba gue merasa amat sangat lelah. Dan hari ini bukan yang terakhir, hikz mati muda deh gue kalo gini caranya.

Leave a Reply

